19 June 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Cara Isi Uang Elektronik dari Bank Mandiri dengan NFC

3 min read
Bagi yang belum tahu cara mengisi saldo kartu e-money dari Mandiri, ini lho caranya...

TeknoVue, Jakarta – Per tanggal 31 Oktober 2017, pemerintah memberlakukan penggunaan uang elektronik untuk memasuki jalan tol, terutama tol dalam kota. Hal ini memiliki alasan karena dengan menggunakan uang elektronik, antrian di pintu tol akan semakin berkurang karena waktu yang dibutuhkan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Tentunya, hal ini akan memaksa pengguna harus memiliki salah satu uang elektronik yang bekerja sama.

Masalah tidak selesai sampai disitu. Uang elektronik butuh diisi ulang layaknya sebuah nomor telepon seluler. Untuk melakukan isi ulang, fisik kartu uang elektronik harus dihadapkan dengan alat pembacanya yang saat ini sudah tersedia di ATM bank masing-masing. Selain itu, bank juga bekerja sama dengan toko mini market modern agar dapat melakukan isi ulang. Permasalahannya adalah semua pengguna harus menyediakan waktu khusus untuk mengisi ulang kartunya.

Di jaman saat ini, beberapa smartphone memiliki chip yang bernama Near Field Communication (NFC). Ternyata fungsi chip ini sudah dipergunakan oleh beberapa bank untuk dapat membaca dan mengisi ulang kartu uang elektroniknya. Salah satunya adalah bank milik pemerintah, Mandiri. Walaupun belum semua bank memiliki fungsi seperti ini, tetapi melakukan isi ulang kartu uang elektronik menggunakan NFC merupakan pekerjaan yang cukup mudah, yang walaupun tidak lepas dari masalah.

Ada beberapa masalah yang ditemukan saat melakukan isi ulang uang elektronik dengna memakai NFC. Kebanyakan merupakan masalah dari jaringan internet. Masalah yang sering ditemukan adalah tidak tertulisnya saldo baru ke dalam kartu, sehingga pengguna harus mendatangi cabang-cabang bank tersebut. Jadi, sebelum melakukan transaksi, ada baiknya melakukan cek koneksi internet dengan menggunakan aplikasi seperti Speedtest atau NPerf.

Jika semua sudah benar, hal yang harus dilakukan adalah memiliki akun mobile internet dari masing-masing bank. Dalam kasus bank Mandiri, pengguna harus memiliki aplikasi Mandiri Online. Ikuti langkah berikut ini

  • Nyalakan NFC terlebih dahulu sebelum memulai Mandiri Online

  • Jika sudah, masuk dan login ke Mandiri Online
  • Pada menu di sebelah kiri, pilih e-money. Setelah itu tampilan akan berubah dan pengguna dihadapkan dengan tiga pilihan baru.

  • Untuk melakukan cek saldo, pilih Lihat/Perbarui Saldo. Setelah itu tempelkan kartu uang elektronik pada bagian belakang smartphone sampai terbaca.

  • Untuk melakukan isi ulang, pilih Isi Ulang e-money.

  • Tentukan kartu tujuannya. Anda bisa mengisi nomor secara otomatis atau klik pada tombol scanner. Setelah klik tombol scanner, tempel kartu pada bagian belakang smartphone sampai terbaca.
  • Tentukan jumlah yang diinginkan dengna kelipatan 1000. Lalu klik Lanjut pada bagian bawah.

  • Aplikasi akan melakukan konfirmasi mengenai rekening yang digunakan, nomor kartu yang akan diisi ulang, jumlah tambahan saldo, dan deskripsi. Setelah benar, klik pada tombol Konfirmasi pada bagian bawah.

  • Masukkan MPIN Mandiri Anda.

  • Setelah itu, aplikasi akan menampilkan bukti transaksi. Selesai? Not yet….

  • Kembali ke menu e-money dan pilih Lihat/Perbarui Saldo.
  • Pada halaman ini, klik Perbarui Saldo. Dan disinilah momen yang paling mendebarkan, karena saat koneksi internet terputus, Anda harus ke cabang bank Mandiri untuk mengklaim saldo Anda.

  • Jika update saldo sukses, maka saldo kartu akan bertambah.

Mudah bukan? Cara ini memang tidak boleh dilakukan pada saat Anda mengemudikan mobil lho… bisa-bisa nabrak! Jadi lakukan ini saat Anda sedang tidak mengemudikan kendaraan atau minta tolonglah kepada rekan yang sedang duduk dibangku navigator.

Mudah? Banget!

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini