19 June 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Huawei Produksi SoC Kirin 980 dengan Pabrikasi 7 nm!

1 min read
Sang penerus chipset Kirin 970 sudah siap untuk diproduksi secara masal oleh Huawei!

TeknoVue – Setelah Qualcomm mengeluarkan Snapdragon 845 dan Samsung mengeluarkan Exynos 9810, tentu saja pengembangannya tidak berhenti sampai disitu saja. Kedua perusahaan ini sudah mengklaim bahwa mereka bakal mengeluarkan chipset berikutnya, Snapdragon 855 dan Exynos 9820 dengan proses pabrikasi 7 nm. Ternyata, saat ini kedua perusahaan tersebut dibalap oleh Huawei yang sudah siap melakukan produksi masal Kirin 980 dengan teknologi 7 nm dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Company atau TSMC.

Menurut kabar yang dilansi dari website berita ITHome, Huawei bakal memproduksi Kirin 980 pada kuartal kedua tahun 2018. Hal ini tentu saja bakal membuat Huawei mengejar ketertinggalannya dengan Qualcomm dan Samsung. Dan dengan menggunakan proses pabrikasi 7 nm, tentu akan membuat SoC ini menjadi lebih irit daya dibandingkan sebelumnya.

Hisilicon Kirin 980 sendiri nantinya bakal menggunakan prosesor terbaru dari ARM, yaitu Cortex A75, yang tentunya akan lebih canggih dari Cortex A73 yang terpasang pada Kirin 970. Selain itu, pada SoC ini juga bakal terdapat NPU generasi kedua. ITHome sendiri mengatakan bahwa GPU yang digunakan nantinya akan menggunakan GPU buatan sendiri.

Kemungkinan, smartphone yang bakal menggunakan Kirin 980 nantinya adalah generasi selanjutnya seri Mate dan P. Peluncurannya sendiri mungkin akan mengambil waktu pada kuartal terakhir tahun ini atau di tahun depan.

Sumber: ITNews

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini