19 June 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Smartfren Perkenalkan Teknologi Massive MIMO: 64 Antena per BTS!

2 min read
Teknologi baru yang diimplementasikan Smartfren bersama ZTE mampu melakukan efisiensi dan meningkatkan kecepatan internet

TeknoVue, Jakarta – Beberapa bulan yang lalu, Smartfren memperkenalkan beberapa teknologi baru yang ada pada jaringan LTE Advanced, seperti Carrier Aggregation. Kali ini, bersama dengan ZTE, Smartfren pun mengumumkan sebuah teknologi baru yang mampu memberikan efisiensi bagi sang provider juga para pelanggannya. Acara perkenalan teknologi ini diadakan pada kantor Smartfren di Bumi Serpong Damai pada tanggal 16 Januari 2017.

Teknologi yang diperkenalkan memiliki tujuan untuk mengoptimalkan jaringan LTE Advanced Smartfren sekaligus sebagai persiapan infrastruktur untuk menyambut datangnya era 5G. Hal tersebut dikarenakan 5G akan mengedepankan stabilitas koneksi, sehingga teknologi baru ini bisa dibilang proyek pre-5G. Teknologi tersebut adalah Massive MIMO.

Teknologi ini memiliki sampai dengan 64 antena per BTS, membuatnya mampu meningkatkan efisiensi spektrum nirkabel, memperluas cakupan jaringan sampai dengan 5 KM serta ketinggian 30 lantai sebuah gedung, memaksimalkan penggunaan lokasi serta spektrum, dan yang tidak kalah penting, membuat smartphone para pelanggan Smartfren lebih irit baterai. Uniknya, teknologi ini hanya bisa diimplementasikan pada LTE dengan mode TDD saja serta semua smartphone LTE yang digunakan untuk jaringan Smartfren sudah mendukungnya.

Saat ini Smartfren baru menguji coba BTS Massive MIMO pada tiga tempat, yaitu Teras Kota BSD dan dua lokasi lagi di Surabaya. Saat diuji dengan menggunakan USIM komersil, ternyata pada smartphone ZTE yang masih menggunakan Android Jelly Bean 4.3 mampu berlari pada 70 Mbps! Saat fungsi Massive MIMO dimatikan, hanya sekitar 4 Mbps saja yang didapat pada area yang sangat ramai ditempat yang sama.

Teknologi ini rencananya akan diimplementasikan secara luas pada kuartal ketiga tahun 2017. Secara bertahap, Smartfren akan memasang Massive MIMO pada tempat-tempat yang memiliki tingkat keramaian yang tinggi.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini