19 June 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Decryptor WannaCry, WanaKiwi, Telah Ditemukan!

2 min read
Sebuah aplikasi telah ditemukan untuk melakukan decryption terhadap ransomware WannaCry. Unduh segera program ini agar bisa langsung bisa menyelamatkan file-file Anda.

TeknoVue, Jakarta – Beberapa hari belakangan ini, ransomware WannaCry telah menghantam lebih dari 200.000 komputer diseluruh dunia. Sayangnya, salah satu rumah sakit di Indonesia juga terkena ransomware ini dan sang pencipta ransomware tersebut menuntut pembayaran melalui Bitcoin. Dan tidak seperti ransomware lainnya, WannaCry memang mampu menjangkiti komputer lain yang ada dalam satu jaringan. Lalu bagaimana jika Anda terkena ransomware ini?

Untungnya, seorang pakar keamanan dari Quarkslab Perancis, Adrien Guinet, telah menemukan sebuah cara untuk mendapatkan kunci enkripsi dari WannaCry. Dengan programnya bernama WannaKey, beliau berhasil mengambil kunci penting dalam enkripsi Wanna Cry. Hal tersebut membutuhkan dua kondisi untuk dapat berjalan:

  • Komputer yang terinfeksi belum melakukan restart sama sekali
  • Data yang ada pada memori belum dialokasi ulang dan dihapus oleh proses lain

Hal ini menandakan bahwa WannaKey harus segera diaktifkan langsung setelah komputer terkena serangan WannaCry. Dan berdasarkan penemuan dari Adrien, seorang peneliti keamanan lainnya bernama Benjamin Delpy, membuat sebuah program yang lebih mudah digunakan bernama WanaKiwi. WanaKiwi pun membuat proses yang diberikan WannaKey menjadi lebih mudah.

Bagi Anda yang sudah terkena WannaCry, bisa langsung mendownload WanaKiwi tool dari Github dan langsung menjalankannya dari command (CMD). Software ini bekerja pada semua Windows dan akan melakukan decryption pada file-file yang telah terjangkiti. Hal ini berarti mereka yang terjangkit ransomware WannaCry tidak perlu lagi melakukan pembayaran kepada sang pencipta ransomware ini.

Sayangnya, WanaKiwi belum tentu dapat bekerja pada setiap komputer, tergantung dari kondisi komputer yang terjangkiti. Akan tetapi, ini merupakan langkah awal dari para perusahaan keamanan dan anti virus untuk lebih cepat dalam mendapatkan decryptor umum untuk WannaCry. Semoga saja, tidak ada lagi pengguna komputer yang terjangkiti ransomware ini.

Terakhir, update selalu komputer Anda serta pasanglah software keamanan yang mampu mendeteksi malware dan bekerja sebagai firewall tambahan pada komputer Anda. Jangan ragu untuk selalu melakukan update Windows, karena awal terjangkitnya komputer oleh ransomware WannaCry adalah menggampangkan Windows Update.

Sumber: TheHackerNews

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini