19 June 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Dell Inc. Lanjutkan Komitmennya di Laporan Legacy of Good 2020

5 min read
Dell Inc. meningkatkan skala dan menawarkan lebih banyak peluang untuk berinovasi demi kesejahteraan masyarakat dan planet bumi

TeknoVue, Jakarta – Baru-baru ini Dell Inc. menyampaikan laporan perkembangan Legacy of Good 2020 perdana yang memaparkan pencapaian CSR terbaik dari kedua perusahaan yang bergabung setelah merger Dell dengan EMC1. Laporan ini menjabarkan komitmen jangka panjang Dell terhadap masyarakat, karyawan, dan lingkungan hidup. Setelah merger, perusahaan kini memiliki portofolio teknologi yang lebih luas, karyawan lebih dilibatkan dan sumber daya yang lebih besar guna mengatasi tantangan-tantangan yang paling mendesak di dunia saat ini. Laporan tersebut memaparkan upaya-upaya CSR perusahaan selama Tahun Anggaran 2017 (1 Februari 2016 hingga 31 Januari 2017).

“Merger Dell dan EMC per bulan September 2016 memberi kami kesempatan untuk melihat kembali kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dan menyepakati sejumlah komitmen utama yang mewakili hal-hal terbaik dari kedua perusahaan,” kata Trisa Thompson, Chief Responsibility Officer di Dell. “Kami memiliki energi baru ketika melihat peluang yang dapat kami lakukan dari gabungan portofolio, keahlian dan sumber daya kami. Hal tersebut telah mendorong kami melakukan inovasi-inovasi hebat yang akan bermanfaat bagi para pelanggan kami dan dunia ini.”

David Webster, President, APJ Enterprise, Dell EMC, menambahkan: “Melihat perubahan di dunia yang terjadi sangat cepat, berbagai organisasi tentunya ingin bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki budaya yang kuat dan selalu berupaya untuk berbuat baik, karena hal-hal tersebut dapat membantu perusahaan menjadi lebih tangguh. Para pelanggan dan tim kami di APJ mengadopsi nilai-nilai yang dijabarkan di Laporan Legacy of Good ini, yang mendemonstrasikan bagaimana mereka dapat menjalankan visi bersama guna mendorong kesuksesan bisnis.”

Amit Midha, President, APJ Commercial, Dell EMC, juga menambahkan: “Wilayah Asia Pasifik dan Jepang memainkan peran penting dalam menciptakan energi dan inovasi yang berkontribusi pada kemajuan Legacy of Good, secara efektif menggunakan kemampuan kami untuk mencari peluang melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat, komunitas dan planet bumi. Ada banyak contoh-contoh luar biasa yang menunjukkan bagaimana kami membangun kekuatan kami dan menggunakannya untuk memberi dampak positif.”

Pembaharuan rencana dan target yang tercantum dalam laporan ini mencerminkan bagaimana Dell dan EMC bersatu dalam komitmen bersama terhadap masyarakat dan bumi. Misalnya, bersama-sama kedua perusahaan telah meningkatkan investasi di bidang pendidikan Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (Science, Technology, Engineering & Mathematics/STEM) bagi para remaja yang kurang mampu. Dell Inc. juga melanjutkan kerja samanya dengan University of Technology Sydney (UTS) selama tiga tahun berturut-turut untuk mempromosikan pentingnya STEM melalui program pembinaan dan beasiswa.[1]

Guna membantu menumbuhkan budaya inklusif, Dell memperluas program kerja fleksibelnya kepada para karyawan dari EMC dan menawarkan lebih banyak kelompok sumber daya karyawan, yang menghubungkan para karyawan yang memiliki minat, gaya hidup, orientasi seksual, jenis kelamin, etnis atau latar belakang yang sama. Dan dari gabungan kedua perusahaan tersebut, Dell telah mewujudkan sebagian dari ikrar perusahaan dalam American Business Act on Climate Pledge untuk menanam satu juta pohon guna mengurangi emisi karbon dan memulihkan habitat alami di seluruh dunia. Selain itu, laporan tahun ini juga mencakup target-target tambahan yang didedikasikan untuk mendorong transparansi, akuntabilitas, dan kemajuan berkelanjutan di seluruh rantai pasokan global Dell.

Rencana tersebut dimulai dari Tahun Anggaran Dell tahun 2014 (1 Februari 2013 hingga 31 Januari 2015). Kini Legacy of Good 2020 mencakup target awal, target yang telah disesuaikan, serta target-target baru yang mencerminkan peluang, skala dan keahlian dari perusahaan gabungan ini. Pokok-pokok laporan Legacy of Good meliputi:

Komunitas

  • Dell berbagi keahlian dan teknologi dengan 2,3 juta anak-anak kurang mampu secara langsung dan dengan lebih dari 10 juta orang secara tidak langsung, melalui program donasi sosial strategis, artinya mewujudkan 59% target dampak langsung dan 84% target dampak tidak langsung yang ditetapkan Dell.
  • Sejak Tahun Anggaran 2014, para karyawan Dell telah menyumbangkan lebih dari 3,3 juta jam dalam kegiatan layanan masyarakat di sejumlah daerah tempat mereka tinggal dan bekerja. Target Dell adalah menyumbangkan total 5 juta jam waktu layanan masyarakat hingga tahun 2020.
  • Kemitraan, pendanaan dan teknologi Dell memberdayakan TGen untuk mempercepat dan meningkatkan rencana perawatan untuk para pasien kanker. Bekerja sama dengan Dell, peningkatan kapasitas komputasi dan penyimpanan telah berhasil memangkas waktu yang dibutuhkan untuk mengurutkan genom dari beberapa minggu ke hanya 6 jam, dengan lebih dari 1 juta jam komputasi setiap bulan.
  • Aktivitas bersama pertama dari Dell EMC Jepang menyasar satu dari enam anak-anak miskin di negara tersebut. Para karyawan mendonasikan buku untuk mendukung organisasi nirlaba Teach for Japan.

Masyarakat

  • Dell menawarkan 14 kelompok sumber daya karyawan (employee resource groups/ERGs) untuk membantu menanamkan budaya inklusif. Hingga bulan Desember 2016, 23% karyawan Dell ikut serta dalam ERG ini. Pride, ERG Dell untuk karyawan lesbian, gay, biseksual dan transgender, serta pendukung mereka, adalah salah satu kelompok karyawan yang berkembang paling cepat. Sebagian besar perkembangan tersebut datang dari cabang-cabang ERG Pride baru di Asia dan Amerika Latin, daerah-daerah dimana mereka yang menyatakan dirinya sebagai LGBT tidak selalu diterima. Di APJ, Dell meluncurkan cabang Pride ERG di Sydney, cabang pertama di wilayah ini.Sukses di Sydney mendorong dibukanya cabang Pride ERG di wilayah terpencil guna memenuhi permintaan daripara karyawan di wilayah di luar Australia.
  • Dell juga menawarkan program kerja fleksibel kepada para karyawan Dell EMC, mendorong karyawan yang memenuhi syarat untuk bekerja dari mana pun, bagaimana pun caranya, dan di waktu-waktu yang paling produktif bagi mereka. Target Dell adalah meningkatkan partisipasi global hingga 50% di tahun 2020.
  • Dell terkenal sebagai Perusahaan Pilihan untuk Bekerja (Employer of Choice), dan telah meraih penghargaan tersebut di lebih dari 20 negara. Pada bulan November 2016, Dell meluncurkan survei karyawan pertama mereka sebagai perusahaan gabungan, dan hasilnya sangat positif, dimana 82% karyawan mengatakan mereka merasa terinspirasi, melebihi target awal sebesar 75%.
  • Lebih dari 40 sukarelawan dari Dell EMC di India membimbing sejumlah tim dalam kompetisi hackathon terbesar di dunia, Smart India Hackathon 2017, yang diselenggarakan oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan India. Acara tersebut diikuti oleh 32.000 siswa yang mengerjakan lebih dari 600 isu yang diberikan pemerintah India. Peringkat pertama dan kedua diraih oleh tim-tim yang dibimbing oleh para insinyur Dell.

 Lingkungan Hidup

  • Dell telah melampaui target tahun 2020 untuk menggunakan 22.680 kilogram (50 juta pon) bahan daur ulang dalam produk-produknya dan menyesuaikan target tersebut menjadi 45.360 kilogram (100 juta pon) sampah plastik daur ulang dan bahan-bahan daur ulang berkelanjutan lainnya.
  • Dell telah mengapalkan XPS 13 2-in-1 yang kemasannya terbuat dari sampah plastik laut yang didaur ulang dan membuat komitmen publik untuk meningkatkan penggunaan tahunan hingga 10 kali lipat hingga tahun 2025, serta membuka rantai pasokan Dell untuk mendorong penggunaan sampah plastik laut yang lebih luas lagi oleh perusahaan-perusahaan lain.
  • Dell telah mendaur ulang lebih dari 816 juta kilogram (1,8 miliar pon) barang-barang elektronik, atau 88% dari target tahun 2020 untuk mendaur ulang lebih dari 907 juta kilogram (2 miliar pon) barang-barang elektronik bekas hingga tahun 2020.
  • Dell memberikan kesempatan kepada para karyawan untuk memilih tempat penanaman pohon untuk memperingati hari pertama kedua perusahaan bergabung secara resmi. Lebih dari 41.000 karyawan berpartisipasi dalam program tersebut dan Dell menanam pohon-pohon tambahan sehingga jumlah pohon yang ditanam mencapai lebih dari 140.000 pohon. Banyak karyawan memilih untuk menanam pohon-pohon mereka di Indonesia (di area-area yang mendukung habitat harimau Malaysia) melalui WWF.

Rantai Pasokan

  • Dell meningkatkan transparansi kegiatan operasional rantai pasokannya dengan meluncurkan Laporan Kemajuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Hidup (Social and Environmental Responsibility/SER) setiap semester. Laporan tersebut menjabarkan kinerja rantai pasokan dalam audit Electronic Industry Citizenship Coalition (EICC) dan inisiatif-inisiatif lainnya.
  • Dell juga memperkenalkan sejumlah tujuan rantai pasokan baru yang fokus pada audit EICC, laporan emisi dan rencana mitigasi risiko penggunaan air guna membantu mendorong tindakan-tindakan yang bertanggung jawab diantara para pemasok.
  • Di Asia Pasifik dan Jepang, Dell juga melaksanakan pelatihan-pelatihan manajemen bagi para pemasoknya, bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan TI terkemuka lainnya, seperti yang dilaksanakan di Malaysia dan Singapura, untuk membangun kesadaran dan membantu mengidentifikasi strategi-strategi terkait kerja paksa dan perdagangan manusia.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini