19 June 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Huawei Perkenalkan Neural Processing Unit pada Kirin 970

1 min read
Ternyata Kirin 970 berbeda dibandingkan dengan SoC yang lainnya!

TeknoVue, Jakarta – Sekitar dua hari sebelum artikel ini dibuat, Huawei sudah meluncurkan dua smartphone terbaru mereka yang ditujukan untuk para pebisnis, yaitu Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro. Kedua smartphone ini sudah dibenamkan system on chip terbaru dari HiSilicon yang merupakan anak perusahaan Huawei sendiri, yaitu Kirin 970. Ternyata, SoC yang satu ini lain dari pada SoC sebelumnya.

Yang membuatnya berbeda adalah sebuah prosesor baru yang dinamakan NPU atau Neural Processing Unit. Chipset yang satu ini secara khusus dibuat untuk feature Artificial Intelligence (AI) sehingga tidak lagi membebani CPU dan membuat efisiensi daya 50 kali lebih besar. Saat ini, NPU baru dapat digunakan untuk mengenali gambar. Misalnya kita mengambil gambar buah pisang, maka NPU akan mengenai gambar tersebut adalah pisang.

Saat ini, Kirin 970 dapat memproses lebih dari 2.000 gambar dalam satu menit. Sebagai pembanding, Samsung Galaxy S8 hanya dapat mengenali gambar sebanyak 95 gambar dalam satu menit. Sedangkan iPhone 8 Plus dapat mengenali gambar hingga 889 per menitnya.

Kirin 970 diproduksi dengan proses pabrikasi 10 nm dan memiliki spesifikasi yang tinggi. SoC ini menggunakan empat core Cortex A73 dengan kecepatan 2,36 GHz dan empat core Cortex A53 1,8 GHz pada cluster hemat daya. GPU yang digunakan adalah ARM Mali G72 MP12 (12 Core). Sebuah co processor yang bernama i7 juga dibenamkan disana untuk melancarkan fungsi sensor, keamanan, dan konektivitas.

Chipset ini beserta kedua smartphone yang menggunakannya pertama kali diperkenalkan pada IFA 2017 di Berlin.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini